MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA MELALUI MODEL PENGAJARAN TAK TERARAH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 65 KOTA TERNATE

  • INGKA PAY
Keywords: Hasil belajar IPS melalui model pengajaran tak terarah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS  Tema Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga Melalui Model Pengajaran Tak Terarah Pada Siswa Kelas II SD Negeri 65 Kota Ternate, Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas  maka penulis dapat merumuskan permasalahannya adalah bagaimana penerapan Metode Pengajaran Tak Terarah untuk meningkatkan hasil belajar  IPS Tema Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga Pada Siswa Kelas II SD Negeri 65 Kota Ternate, Pembeljaran IPS khususnya Tema Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada kelas II SD Negeri 65 Kota Ternate dengan menggunakan metode pengajaran tak terarah dapat menunjukan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata perolehan tiap siklus di mana pada pra siklus nilai rata-rata 55,83 dalam kategori gagal yang meski demikian pada siklus I juga dalam kategori tuntas tetapi beberapa siswa belum memiliki hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan baik dengan presentasi sebesar 62,5. Namun, ketika pada siklus II prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran IPS sebesar 83,33. Dengan demikian melalui penggunaan metode pengajaran tak terarah dalam pembelajaran IPS memberikan dampak yang positif, hasil yang berupa nilai maupun aktivitas dan minat belajar siswa semakin meningkat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
PAY, I. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA MELALUI MODEL PENGAJARAN TAK TERARAH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 65 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(2), 28-37. Retrieved from https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/606