MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 MATERI STRUKTUR TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KONGKRIET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 122 HALMAHERA SELATAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media konkrit untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Struktur Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan. Berdasarkan Hasil penelitian data yang dikumpulkan dengan menggunakan Teknis tes dan non tes. Tekni tes berupa soal dalam bentuk pilihan ganda. Untuk mengukur hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan, dan teknis non tes berupa lembar observasi pada saat Penggunaan Media dalam Lingkungan. Pada Materi Struktur Tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tes dilakukan pada akhir pembelajaran pada tiap-tiap siklus. Dengan digunakannya media tumbuhan dilingkungan sekitar, siswa tidak lagi hanya berperan sebagai objek yang hanya menerima pelajaran, akan tetapi juga sebagai subjek yang mencari objek sendiri. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai evaluasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media konkrit. Dari siklus I menunjukan hanya 13 siswa yang mencapai atau 39,39 siswa yang telah mencapai KKM, Siklus II menunjukan ada 30 siswa atau 90,90 siswa yang telah mencapai KKM, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pada siklus II ini peneliti telah mencapai indicator keberhasilan (70) dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan. Dengan demikian terlihat bahwa penerapan Media Konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.