Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

  • Syafira Ashna Putri Nuha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Gista Ayu Astriyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Heny Oktaviana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lia Fatmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Syibilla Oktavia Malaka Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Dimas Agus Dwi Saputro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Keywords: Keaktifan, Diskusi, Kelompok kecil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan diskusi kelompok kecil. Diskusi kelompok kecil dapat menumbuhkan proses berpikir siswa sehingga siswa tidak hanya bergantung dengan apa yang dijelaskan guru, maka dari itu siswa akan lebih aktif dalam kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam menganalisis yaitu uji t sample independen. Analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis penelitian menggunakan systematic uji independent sample test. Penelitian ini menghasilkan data bahwa penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dan partisipasi belajar siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui metode diskusi pada pembelajaran matematika kelas V SDN Honggosoco.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
Nuha, S., Astriyani, G., Oktaviana, H., Fatmawati, L., Sari, S., & Saputro, D. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 9-14. Retrieved from https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/517