PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN 25 KOTA TERNATE

  • Rahmat Muhdar
Keywords: Pembelajaran interaktif, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran interaktif tentang kenampakan alam guna meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SDN 25 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif.

Rancangan penelitian secara berdaur ulang (silkus) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan reffleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang. Data penelitian ini yaitu tes, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwasetelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada Siklus 1 nampak sekali peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 70%, 16 siswa sudah tuntas dan 7 siswa masih belum tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 88%.Dengan demikian maka pembelajaran interaktif, ternyata mampu meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi tentang kenampakan alam

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Pratek). Jakarta: Rineka Cipta.
Harlen. 1992. Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.
Hisnu P. Tantya, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 4.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indrastuti, dkk. 2007. Buana Ilmu Pengetahuan Sosial 5. Bogor: Yudistira
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Nanik Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jakarta: Intan Pariwara.
Suciati, 2007.Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana.1990. Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi.1983. Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman.1999. Penerapan Model Pembelajran Interaktif. Bandung: Pustaka Martina.
Winaputra, S Udin, 2005a.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
-------------------2005b.Materi dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K,. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-02-26
How to Cite
Muhdar, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN 25 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 60-73. Retrieved from https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/46