IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI TAYAWI KECAMATAN OBA KOTA TIDORE KEPULAUAN

  • Rachmatia Tauhid
  • Iswan E Tawari STKIP Kie Raha Ternate
Keywords: hasil belajar siswa, media audio visial

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui media audio visual hasil belajar siswa materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan akan meningkat?”.  Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba. dengan jumlah 22 orang diantaranya laki-laki 7 orang dan perempuan 15 yang pada observasi awal diperoleh data hasil belajar siswa sangat rendah dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 8 orang siswa atau 36% yang tuntas, sedangkan 13 orang atau 59 % tidak tuntas Dari hasil pengamatan tes evaluasi pembelajaran  siklus I, dari 22 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 12 siswa yang tidak tuntas atau 55 %. Sedangkan  yang tuntas berjumlah 10 orang siswa atau 45 %, sehingga daya serap siswa mencapai 79 %. Pada Siklus meningkat dari 22 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 3 siswa yang tidak tuntas atau 14 %. Sedangkan  yang tuntas berjumlah 19 orang siswa atau 86 %, sehingga daya serap siswa mencapai 88 %.

Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dhieni, Nurbiana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Mudjiono. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud. Dirjen Pendidikan tinggi. Proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sardiman dkk. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung; PT. Remaja
Sagala Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2003. Media Pengajaran. Surabaya: Pustaka Dua.
Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Suryani Nunuk. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Uno Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Uzer, Usman dan Setiawati. 2002. Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Remaja Rosda karya: Bandung.
Wahid Murni dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta: Arruz Media
Wawan, Junaidi. 2012. Pengertian Media. Blogspot (Online).http://wawan-junaidi.blogspot.com/2012/01/pengertian-media.html.Diakses 12 Maret 2013
Winaputra. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2019-02-26
How to Cite
Tauhid, R., & Tawari, I. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI TAYAWI KECAMATAN OBA KOTA TIDORE KEPULAUAN. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/42