Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Timur

  • Endang Fitria STKIP Kie Raha
Keywords: Efektivitas, Metode Demonstrasi, hasil Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sejauh mana kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan metode demonstrasi. (2) mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika melalui metode demonstrasi.

(3) mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan metode demonstrasi(4) mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika siswa yang diajar melalui gambar (5) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar melalui metode demonstrasi dengan hasil belajar fisika siswa yang diajar melalui gambar.

Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian experimen semu (quasi experiment) yang dimodifikasi dengan menggunakan  posttest-only control design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan melalui gambar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Timur sebanyak 62 orang, sedangkan sampel yang diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga dipilih dua kelas sebagai sampel yang masing-masing terdiri dari 20 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan metode demonstrasi terlaksana dengan sangat baik dan tergolong dalam batasan efektif(2) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode demonstrasi efektif terlihat dari berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, dan hampir semua aspek yang diamati memenuhi kriteria aktif (3) tingkat keefektifan pembelajaran yang diajar melalui metode demonstrasi lebih besar daripada tingkat keefektifan pembelajaran yang diajar melalui gambar (4) hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan metode demonstrasi lebih tinggi daripada  hasil belajar fisika siswa yang diajar melalui gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwis, Muhammad. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Disertasi Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publiser.

Djamarah, Syiful Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasing: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Khaeruddin, dan Eko Hadi Sujiono. 2005. Pembelajaran Sains (IPA). Makassar: Badan Penertbit UNM.

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Meta Kognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Diseratsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri Ahnad, 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sagala Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Stándar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Published
2023-12-25
How to Cite
Fitria, E. (2023). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Timur. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 4(2), 109-128. https://doi.org/10.5281/zenodo.10567597