Efektifitas Penggunaan Media ICT Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Pengukuran di Kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan

  • Nursanti Ali Universitas Bumi Hijra Tidore
  • Fahima Muhlis Universitas Bumi Hijra Tidore
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Android, Model Flipeed Learning, Konsep Pengukuran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media ICT berbasis Android terhadap hasil belajar fisika konsep pengukuran pada peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan

            Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe pretest-posttest control group desaign. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan yang berjumlah 34 peserta didik  yang tersebar dalam 2 kelas yaitu peserta didik kelas X TKJ (sebagai kelas eksperimen) dan X TBSM ( sebagai kelas control). Teknik pengambilan sampelnya secara Cluster Random Sampling. Data diperoleh dari hasil tes tertulis berbentuk uraian.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat. Rata-rata hasil belajar posttest dengan menggunakan model pembelajaran Flipeed Learning pada kelas eksperimen sebesar 83,3. Sedangkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional kelas control nilai rata-rata sebesar 74,8. Diketahui nilai thitung yaitu 3,689 > ttabel yaitu 1,694 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media ICT berbasis Android model flipped learning. Dengan demikian Media Pembelajaran fisika berbasis Android efektif terhadap hasil belajar fisika konsep pengukuran pada peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitiya, En,Prabowo,A, dan Arifudin R. 2015. Studi komparasi model pembelajaran tradisional flipped Classroom- Urnes Journal of mathematics Education.
Ahmad, 2014. Teori belajar dan pembelajaran disekolah dasar. Jakarta : Kencana Agustina W, 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada dasar-dasar Algoritma dan pemograman. Skripsi. Teknik Informatika. UNY. Yogyakarta.
Arfida, S & Wibiwi,H. 2016. Pemanfaatan teknologi Android terhadap penyebaran guru.
Arikunto, 2012. Prosedur penelitian praktik, Jakarta : Rineka Cipta Kerja.
Arikunto, 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta : Rineka cipta
Arsyad, 2014. Media pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Chuang, Y.T, 2014. In Creasing Learning motivation and student engamenet through the technology-supported learning informant. Creative Education.
Daryanto, 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Dimas D.R, Baktu M, Suryadi B, 2016. Journal pendidikan kimia (JPK).
Diakses pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia. Pukul 13:45 WIT
Ibrahim,2015. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Ismail,M. dkk, 2017. Development of electrical application Android. Journal. Pendidikan Teknologi kejuruan.
Ismayani,A, 2018. Cara mudah membuat aplikasi pembelajaran berbasis Android. Jakarta : alex media kamputido.
Published
2023-12-30
How to Cite
Ali, N., & Muhlis, F. (2023). Efektifitas Penggunaan Media ICT Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Pengukuran di Kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 4(2), 97-108. https://doi.org/10.5281/zenodo.10547770