Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Halmahera Barat Pada Konsep Gerak Lurus

  • Susi Ismail STKIP Kie Raha
  • Kartini Lana ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Hasil belajar, Model pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X SMA Negeri 13 Halmahera Barat pada konsep gerak lurus dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Siswa kelas X IPA SMA  Negeri 13 Halmahera Barat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada konsep gerak lurus yang terdiri atas satu ruangan belajar/kelas yang berjumlah 26 Siswa sehingga dibagi menjadi dua kelompok untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan rancangan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sample. Sampel yang digunakan sebanyak 13 Siswa pada kelas eksperimen dan 13 Siswa pada kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah intrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan skor 0-1. Hasil penelitian ini diuji dengan statistia melalu program aplikasi IBM SPSS versi 26 uji “t”. berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,713 sedangkan nilai ttabel = 2,064. Sesuai dengan kriteria penerimaan diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikan 0.05 terhadap data posttest. Sesuai dengan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika Siswa pada konsep gerak lurus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Yusuf Muri,. 2015 Asesmen dan Evalusai Pendidikan. PT Fajar Interpratama Mandiri

Frederick, Eugene Hecht. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga, 2006

Permendikbud 65 Tahun 2013, Standar Kurikulum Proses Pendidikan

Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kurikulum Fisika SMA 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learnig)”, Jakarta: Lintas Media, 2014

Agus Sampurno. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: PT Rinieka Cipta, 2000

Anas Sudjiono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Rostina Sundayana. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2014.

Ruseffendi. Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Andira,1998

Dr. Kadir M.Pd, Statistika Terapan “Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian” Depok : Rajawali Pers 2017.

Published
2023-12-05
How to Cite
Ismail, S., & Lana, K. (2023). Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Halmahera Barat Pada Konsep Gerak Lurus. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 4(2), 51-79. https://doi.org/10.5281/zenodo.8404265