Meningkatkan Hasil Belaja Siswa Kelas VIII SMP Islam Kastela Kota Ternate Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL (Contextual Teaching And Learning)

  • Irawati Malan
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Tipe CTL (Contextual Teaching And Learning), Hasil Belajar Peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pembelajaran kooperatif tipe CTL (Contextual Teaching And Learning) yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. pada materi Usaha dan Enegri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali tindakan. Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siklus I terdapat nilai rata –rata 56,60% dari 25 peserta didik di siklus ini peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan pada siklus II nilai rata-rata (77,20%) mengalami ketuntasan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CTL dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Kasetela Kota Ternate

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Dkk (Mulyasa 2007, Sunjana 2004, Mujiono, Hamalik). 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Andika. 2009 Pembelajaran Kontekstual (www teori pembelajaran teknodik.net) Diakses13 Mei 2009 12: 52

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran SAINS Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Ebel dan Frisbie, 1986, Tehnik Pengumpulan Data Hamalik, 2004:13. Hasil Bealajar

Jhonson. B. Elaine.2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.Inc.

Khaeruddin, dkk (Darmojo, Samatowa, winaputra) . 2005. Pembelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Lukmanul Hakim. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: wacana prima

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Yunus Namsa, Msi (1 September 2006) Kiprah Baru Profesi Guru.Depdiknas RI,2003a:8. 20 thn 2003. Sistem Pendidikan

Nurhadi,. 2003. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning).Malang : Univesitas Negeri Malang.

Sanjaya, Wina. 2005. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Sanjaya, Wina.2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali perss

Trianto. 2008. Mendesaian Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Tasanif, N. H., & Sudiman, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Lerning (CTL) Untuk Meningatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 26-39.

Wina, sanjaya ,2006, Strategi pembelajaran :Beriontasi Standar proses pendidikan press,inc

Published
2023-12-21
How to Cite
Malan, I. (2023). Meningkatkan Hasil Belaja Siswa Kelas VIII SMP Islam Kastela Kota Ternate Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL (Contextual Teaching And Learning). KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 4(2), 80-96. https://doi.org/10.5281/zenodo.10416744