Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari

  • Elfin Elfin Pendidikan Fisika Universita Halu Oleo
  • Nelly Nelly Pendidikan Fisika Universita Halu Oleo
Keywords: Jigsaw, Hasil belajar IPA terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari yang berjumlah 27 orang.Tahapan pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi.Data tentang aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II demikian pula nilai hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 78,25 dan masih ada 4 siswa yang mendapat nilai 65 (belum tuntas) sementara pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 92,80 dan semua siswa berada pada kategori tuntas. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman,M., & Totok, B. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema Dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta:Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Bekti, Wulandari. 2013. “Pengaruh Problem-Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178- 191.
BSNP.2006. Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar.Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan Nugraha, Adi Sobron, dkk. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(3)
David, Thomson, 1995. Changing physician performance: a systematic review of the effect of continuing medical education strategies
Educational satisfaction and expectation of future careers of the students in the furniture and design education Volume 1, Issue 1, 2009, Pages 129-135
Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP.
Jasruddin.Kahar. Bahri, Sidik. Darlan. 2007. Latihan Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Makassar, UNM
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016b).Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016c). Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Slavin, E. Robert. 1995. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, diterjemahkan oleh Nurlita, Bandung. Nusa Media.
Wulandari, F., Yogica, R., Darussyamsu, R., Padang, N., & Info, A. (2021). Analysis of the Benefits of Using Remote E-Modules During the Covid-19 Pandemic. 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Umar.Alimin dan Nurbaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Pengantar Kedalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi, Makassar, Universitas Negeri Makassar
Published
2023-07-20
How to Cite
Elfin, E., & Nelly, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(2), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.8121203