PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BUTIK ONLINE SHOPPING DI KECAMATAN TERNATE BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Butik Online Shopping di Kecamatan Ternate Barat. Data yang digunakan adalah berupa Kusioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabitilitas, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian pakaian pada Butik Online Shopping di Sulamadaha Kecamatan Ternate Barat. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi sampel yang berjumlah 60 orang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Butik Online Shopping Kecamatan Ternate Barat,. Hasil penelitian ini dapat berkontribusi untuk kemajuan dan peningkatan Butik Online Shopping. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan oleh pemilik Butik Online Shopping untuk terus mempertahankan, memperbaiki dan lebih meningkatkan kualitas produk. Selain itu Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas produk adalah hal yang paling penting dalam terbentuknya kepuasan konsumen. Kontribusi penelitian ini bagi masyarakat pengguna adalah mengetahui sejauh mana perkembangan kualitas produk yang dilakukan oleh pemilik butik. Semakin baik kualitas yang dimiliki oleh produk, maka kepuasan konsumen juga akan meningkat.
Downloads
References
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Di cetak di PT MACANAN JAYA CEMERLANG.
Kemkominfo. 2020. Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen (https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-ecommerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media diakses pada tanggal 10 Januari 2022)
Saekoko,A.N., Nyoko,A.E., & Fanggidae, R.P. (2020), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Smarphone Xioami (Studi Kasus pada Mahasiwa Penggunaan Smartphone Xiaomi di Universitas Nusa Cendana). Jounal of Manajemen: small and Medium Enterprises (SMEs).11(1),49-64.
Tjiptono, Fandy. 2015. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta CV ANDI OFFSET.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.