Presepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Terhadap Perkuliahan Luring Pasca Pandemi Covid-19 Di Universitas Pendidikan Indonesia

  • Fitri Nurajijah Ilmu Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Jawa Barat. Indonesia
  • Dhafin Rayhan Ilmu Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Jawa Barat. Indonesia
  • Odilo Pinutusta Ilmu Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Jawa Barat. Indonesia
  • Ahmad Fua’din Ilmu Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Jawa Barat. Indonesia

Abstract

Virus Corona (Covid-19) berlangsung selama 3 tahun (2019-2022) kebijakan physical distancing sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berdampak pada pola pembatasan aktivitas manusia dalam berbagai sektor kehidupan, salah satunya yaitu pada bidang Pendidikan. Perkuliahan Luring menggantikan perkuliahan daring yang menimbulkan peralihan/adaptasi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Jurusan Ilmu Keolahragaan (IKOR) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Pasca Pandemi Covid-19 dan mengetahui landasan untuk perbaikan yang diperlukan pada penyelenggaraan perkuliahan dan pendidikan pada bidang keolahragaan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif berbentuk quisioner, kemudian sample yang digunakan adalah mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Keolahragaan UPI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasca pandemi covid-19 perkuliahan luring sangat diperlukan oleh mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Keolahragaan untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, dengan demikian perlu nya perubahan pergerakan metode pembelajaran seperti perubahan dalam model pembelajaran yang dilakukan oleh dosen, seperti Pengembangan Konten Interaktif, Dosen Pelatihan, Pemanfaatan Platform Pembelajaran Online, dan Penelitian dan Pengembangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidi, S. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang PENDIDIKAN, 27(2), 45. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.26432

+Salinan+148_10Nov2021122520. (n.d.).

-Research Results-753-1-10-20210112 (2). (n.d.).

Anjar Tri Laksono, F., Timorita Yulianti, R., & Andry Prasetyo, D. (2021). Antologi Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan. https://www.researchgate.net/publication/352208821

Artikel Perkembngan Covid 19. (n.d.).

Ashadi, K., Mita Andriana, L., Bayu, D., & Pramono, A. (2020). Pola aktivitas olahraga sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada mahasiswa fakultas olahraga dan fakultas non-olahraga Sports activity patterns before and during covid-19 pandemic in students of the sports faculty and non-sports faculty. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 713–728. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i3.14937

dhama-et-al-2020-coronavirus-disease-2019-covid-19. (n.d.).

Falenthine, Y., Ginting, B., & Simamora, H. (n.d.). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1774

Firyal, R. A. (n.d.). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah.

garuda2098143. (n.d.).

Hafni, R. (n.d.). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. In SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora (Vol. 2021). https://covid19.go.id/peta-sebaran

He, F., Deng, Y., & Li, W. (2020). Coronavirus disease 2019: What we know? In Journal of Medical Virology (Vol. 92, Issue 7, pp. 719–725). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1002/jmv.25766

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128

Ikhsan, M. (2020). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram (JIIM) https Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 7(2), 2020.

Meyyana Andriyani, Murti, R. C., Mustadi, A., Sukma, H. H., & Gunarti, N. S. I. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 358–365. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52501 PADA DUNIA PENDIDIKAN. (n.d.).

Prasojo, T., Fauziah, S., Damayanti, D. P., Rahayu Edhiningtyas, D., Fitriani, P. N., Alfath, M., Matematika, P., & Semarang, U. N. (2022). Analisis Transisi Pembelajaran Luring Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang Pasca Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. In Journal of Education and Technology (Vol. 2, Issue 2). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Ristanto, K. O., Primanata, D., Sidik, R. M., Al Ardha, A., Sawa Bikalawan, S., Studi, P., & Jasmani, P. (n.d.). Efektifitas Pembelajaran Luring dan Daring pada Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Era New Normal.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Sakti, L. P., Sulistyaningsih, T., Sulistyowati, T., Sosiologi, M., & Malang, U. M. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Malang. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik), 6(2). https://doi.org/10.25077/jakp

Widyasari, N. F. (2022). Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), 153–161. https://doi.org/10.53621/jider.v2i4.98

Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410–2418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2231

Published
2023-12-21
How to Cite
Nurajijah, F., Rayhan, D., Pinutusta, O., & Fua’din, A. (2023). Presepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Terhadap Perkuliahan Luring Pasca Pandemi Covid-19 Di Universitas Pendidikan Indonesia. JIPOR: Jurnal IPTEK Olahraga Dan Rekreasi, 2(2), 41-50. Retrieved from https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jipor/article/view/627
Section
Articles