Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Learning Cycle Pada Siswa Kelas XI SMA

  • Risbun Yatu ISDIK Kie Raha Maluku Utara
  • Rusmin RM Saleh ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Efektivitas Pembelajaran; Learning Cycle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Halmahera Selatan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan satuan eksperimen adalah kelas X sebanyak 28 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara Multistage Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Learning Cycle adalah 23,75 dan berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 8,204., sedangkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Learning Cycle adalah 77,21 dengan standar deviasi 9,359 dimana skor terendah adalah 54 dan skor tertinggi adalah 92. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 25 siswa atau 89,29% mencapai ketuntasan individu dan 3 siswa atau 10,71% tidak mencapai ketuntasan individu. Ini berarti ketuntasan secara klasikal tercapai dengan nilai gain ternormalisasi yaitu 0,70 berada pada kategori tinggi. (3) aktivitas siswa berada pada kategori baik. (4) angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran melalui model Learning Cycle positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Halmaera Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, Nina. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning CycleUntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B Smp Negeri 2 Slemen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/2070/1/skripsi_nina.pdf. Diakses 9 Januari 2018).

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pengembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Lestari, Eka Cahya. dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember. Kadikma, (Online),Vol.6,No.2,(http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?art icle=376125&val=5045&title, diakses 22 Mei 2018)

Minasari, Wiwik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, (Online), (https://repository.ar-raniry.ac.id/2176/1/Wiwik%20Minasari.pdf, diakses 22 Mei 2018).

Muamanah. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Berbantuan LKPD. Semarang: IAIN Walisongo.

Prayito, M. & Ariyanto, L. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 5e Berbantuan CD Interaktif. Scientific Journal of Mathematics and Mathematical, (Online) Vol. 2, No. 1, (https://jmpunsoed.files.wordpress.com/2015/07/18-lilik.pdf, diakses 22 Mei 2018).

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain PrenadaMedia Group.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Ulya, Innarotul. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Materi Pokok Bidang Datar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang: IAIN Walisongo, (Online), (http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/118/jtptiain-gdl-innarotulu- 5873-1-073511020.pdf, diakses 22 Mei 2018).

Yuriniky. 2016. Hakikat Matematika (Pembelajaran Matematika dan Reori Belajar), (Online), (https://yuriniky.wordpress.com/2016/03/21/hakikat- matematika-pembelajaran-matematika-dan-teori-belajar/, diakses 22 Mei 2018).

Published
2023-12-24