Meningkatkan Hasil Belajar Matemateka Siswa SMP Negeri 19 Tidore Kepulauan Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Materi Bentuk Aljabar

  • Surnawati Abu ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devisins, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa SMP pada kelas VII melali model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Materi Bentuk Aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 8  kali pertemuan tatap muka dengan rincian : 1 kali pre-test, 6  kali pembelajaran, dan 1 kali post test. Prosedur penelitian observasi, tes awal, perlakuan, tes akhir. Subjek  dalam penelitin adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Tidore kepulauan yang berjumlah 30 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal dokumentasi. Dan untuk analisis data menggunakan analisis data kuantittatif dan kualitatif, hasil dari penelitian ini ditentukan dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, itu berarti 80% siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat sebelum diberi perlakuan, nilai rata-rata siswa kelas VII SMP NEGERI 19 Tidore Kepulauan adalah  nilai pretest kelompok eksperimen  62,8 sedangkan pada kelompok kotrol dalah 61,86. Kemudian hasil analisis data pada nilai posttes kelompok eksperimen 84,33 dan kelompok control 78,26 dengan begitu ada perbedaan pada kedua kelompok tersebut. Dengan begitu terjadi peningkatan pada pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Tidore Kepulauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awal, Y., & At, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD). Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 16-25.

Desrinelti, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivitas pendekatan Science Technology Community (STM) untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 29-33.

Habsyi, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Statistik. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 65-79.

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.

Handayani, S. L. W., & Sugiman, S. (2019, February). Media gambar untuk meningkatkan daya tarik siswa kelas 1c slbn salatiga dalam belajar matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 349-354).

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Latif, n. S., & maros, m. K. Matematika sebagai ratu dan pelayan ilmu serta matematika sebagai bahasa.

Lubis, P. L. L. (2020). Pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar topik aljabar di kelas VII SMP IT Darul Hasan Padangsdimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2).

Nababan, M. (2018). Efektifitas problem posing tipe post solution Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.

Najibuloh, M. F. (2020). Pembentukan Karakter Santri di Madin Miftahul Ulum iii Sudimoro Harjo Wilangan Nganjuk.

Nur, A. (2021). Tinjauan Hukum Islam Tentang Jasa Penitipan Hewan Kurban (Studi Pada Pedagang Hewan Kurban di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Nurdyansyah, N., & Aini, Q. (2022). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124-140.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

Purba, N. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Semester I Sma Negeri 1 Namorambe Tp 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rahayuningdewi, P. D. (2022). Meningkat hasil belajar matematika siswa pada materi transformasih keometrik dengan metode problem solving pada siswa kelas XI SMAN 72 JAKARTA. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(5), 767-778.

Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran.

Rohman, P. S., Susianti, L., & Jamaludin, M. (2021). Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Gambar Dengan Media Model Padat Pada Materi Geometri. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 65-78.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Published
2023-12-20