Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Terhadap Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Ternate

  • Lamudi La Ode ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Analisis Kesalahan, Menyelesaikan soal eksponen, Eksponen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor kesalahan dalam menyelesaikan soal eksponen yang dilakukan siswa. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Dengan penedekatan kualitatif, peneliti bertindak sebagai instrumen utama sehingga dapat berinteraksi langsung dengan siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini agar dapat mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesalahan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kota Ternate, dengan yang akan dijadikan responden ialah siswa kelas IX A yang berjumlah 29 siswa, akan tetapi sewaktu penelitian ini dilaksanakan hanya terdapat 25 siswa yang hadir. Berdasarkan analisis terhadap hasil tes dan wawancara pada siswa mengenai kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal-soal eksponen, dapat diuraikan sebagai berikut: (1.) Berdasarkan hasil tes  dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan siswa 1 (S1) diketahui bahwa siswa tersebut melakukan kesalahan notasi pada soal nomor 2 dan melakukan kesalahan operasi pada soal nomor 3a. Dan diketahui juga bahwa S1 lupa dengan materi yang dipelajari sebelumnya sehingga S1 kurang memahami soal tes yang diberikan dikarenakan S1 tidak lagi belajar ketika sudah sekembalinya dirumah. (2.) Kesalahan yang dilakukan siswa 2 (S2) pada soal nomor 2, 3a dan 4 merupakan kesalahan konsep dan kesalahan notasi pada soal nomor 3b. Diketahui juga bahwa S2 mampu menyelesaikan soal nomor 3a, hanya saja siswa kurang memperhatikan soal dengan baik sehingga siswa tersebut salah dalam menuliskan  menjadi . (3.) Kesalahan yang dilakukan siswa 6 (S6) merupakan kesalahan konsep dan ceroboh. Yang mana kesalahan konsep yang dilakukan S6 pada soal nomor 3a dan 4, sedangkan kesalahan ceroboh pada soal nomor 2 dan 3b. (4.) Kesalahan yang dilakukan siswa 21 (S21) merupakan kesalahan operasi pada soal tes nomor 2. Diketahui juga bahwa siswa tersebut murid pindahan dari sekolah lain dan disekolah sebelumnya S21 mengaku belum perna mendapatkan materi eksponen. (5.) Kesalahan yang dilakukan siswa 24 (S24) merupakan kesalahan kecerobohan yang terdapat pada soal nomor 2 dan 3b. Diketahui juga alasan kesalahan S24 pada soal nomor 2 dan 3b ialah karena terburu-buru mengingat waktu yang tinggal sedikit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213-225.

Hasanudin, L., & Habsyi, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Cerita Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 4(1), 35-53.

Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Journal on Education, 2(2), 225-232.

Laman, E. G. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika higher order thinking skills (hots) berdasarkan kriteria hadar ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas xii sman 5 makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Ong, F. I. H., & Ratu, N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 29-35.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Published
2023-12-19