Pengaruh Self Eficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan

  • Nur Fatiman Fakultas Ilmu Pendidikan Unibrah Tidore
  • La Yusran La Kalamu Fakultas Ilmu Pendidikan Unibrah Tidore
  • Hujairah Hi Muhammad Fakultas Ilmu Pendidikan Unibrah Tidore
  • Safri Tinamba Fakultas Ilmu Pendidikan Unibrah Tidore
Keywords: Self Efficacy, Hasil Belajar Matematika, SMA Yasmu Sofifi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepualaun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-XII di SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 86 orang, diperoleh sampel sebanyak 46 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat pengaruh self efficacy dan signifikan sebesar 10,00% dengan hasil belajar matematika sekolah Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor self efficacy yang terdapat dalam diri setiap siswa sebesar 10% dan sebanyak 90% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asmiati (2020). Pengaruh self efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makkasar.
Bandura, A. 2010. Self Efficacy Mechanism in Psikological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall, New Jersy.
Baron, R.A, dan Byrne, P. (2012). Psikologi Sosial jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Ghufron, N., dan Risnawati, R. 2016. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Husna, R., dkk., (2018). Pengaruh self efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 3(2): 43-48.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2): 24-30.
Kreitner R. & Angelo Kinicki. 2009. Organizational Behavior Twelve Edition. Boston: Von Hofman press.
La Kalamu, L., (2019). Pengaruh Locus of Control, Self Efficacy, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri Gorontalo. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
La Kalamu, L., (2019). Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: Manggu.
La Kalamu, L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran Matematika. Sumatra: Azka Pustaka.
La Kalamu L., dan Soleman T. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 5 Kota Tidore Kepulauan). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(20): 204-222.
Lee ,C. Patrick dan Mao, Z. 2016. The Relation Among Self-Efficacy, Learning Approaches, And Academic Performance: an Exploratory Study. Journal of Teaching in Travel & Tourism, vol. 16, No. 3, hlmn: 178-194, DOI: 10.1080/15313220.2015.1136581.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.
Marsigit. 2003. Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: FMIPA. UNY.
Nugraheni, I. L., (2018). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan, 9(1): 52-64.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahman (2020). Pengaruh self efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Pinisi Jurnal: Journal of Teacher Professional. 1(1): 13-25.
Robbins Stephen, P., & Judge, Timothy A. 2010. Organitional Behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Rosyida, F., Utaya, S., dan Budijanto, B. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikandan Ilmu Geografi. Volume 21, No. 2, Juni 2016. Halaman: 17-28.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi, R. 2010. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Suarabaya: UNESA.
Somawati, (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1): 39-45.
Subaidi, Agus, 2016. Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal ΣIGMA, Volume 1, Nomor 2, Maret 2016, Hlm 64-68.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono. Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syah Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar.bandung: Remaja Rosdakarya
Tahir, S. R., Basri, M. I., & Firdaus, A. M. (2019). Improving Students’ Mathematics
Learning Outcomes Through the Implementation of Think-Pair-Share Model. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 2(2), 67-77.
UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yuliyani, R., Handayani, S., dan Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2):130-143.
Published
2023-06-03