Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Cerita Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate
Abstract
Penelitian ini ada beberapa kesulitan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate. Kesulitan tersebut adalah: (1) kesulitan dalam memahami soal cerita,(2) kesulitan dalam menentukan model matematikanya, (3) kesulitan dalam menentukan rumus. Dalam penelitian ini peneliti menemukan sebanyak 9 siswa tidak memahami soal cerita. Dimana mereka tidak mampu dalam mengidentifikasi atau menentukan ide pokok yang terkandung dalam soal cerita. Di mana ke – 9 siswa tersebut dalam menyelesaikan soal tidak menuliskan ditanya dan diketahui. Kemudian ada sebanyak 9 siswa yang mengalami kesulitan menentukan model matematika. Kesulitan menentukan model matematika adalah kesulitan di mana siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematika. Ada sebanyak 3 siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan atau menggunakan rumus saat pengerjaan atau menyelesaikan soal cerita. Kesulitan menentukan rumus adalah kesulitan dimana siswa bingung dalam menentukan rumus mana yang mau di gunakan dalam proses penyelesaian soal cerita.
Downloads
References
Andayani, M., & Amir, Z. (2019).Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153.
Asih, A., & Imami, A. I. (2021).Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 9-16.
Andhika, M. R. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di MIN 8 Aceh Barat. Jurnal Eduscience (JES), 7(1), 28-33.
Bidala, A. (2022). Makalah convers, invers, dan kontraposisi dan Himpunan serta Diagram Venn.
Damayanti, R. N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Dyscalculia Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat (Studi Penelitian pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019).Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Dewi, N. (2022). Convers, Invers, kontraposisi, himpunan dan diagram venn
Efni , Sarah. “Analisis Tingkta Kesukaran Soal Dan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Di Kelas X MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang”. Skripsi, IAIN Padangsimpuan, 2021
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Fitrah, N. (2022). Laporan hasil observasi anak yang malas dalam mengerjakan tugas/PR di SLaporan hasil observasi anak yang malas dalam mengerjakan tugas/PR di SD Negeri manggalad Negeri Manggala.
Gumantan, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 196-205.
Habsyi, R. (2021). Profil Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 9-24.
Habsyi, R., Saleh, R. R., & Nur, I. M. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis guided dicovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1-18.
Hadi, Fida Rahmantika. "Kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal hots matematika berdasarkan teori newman." Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2021): 43-56.
Indriani, N. F. (2022). Makalah Logika Nur Fahmi Indriani.
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.
Kiki, D.& Zahwa, N. “ Peran Guru Dalam PembelajaranPada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar 4, no 1 (2020) : 44
M. Noval Isran, di wawancarai oleh Linda Hasanudin, oktober 2022. SMP Negeri 9 Kota Ternate
Maulana, M. A. S. (2020). Analisi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newuman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa SMP Al – Maksum TP 2020/2021(Doctoral dissertation).
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020).Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.
Nurlaila A. Sidik, diwawancarai oleh Linda Hasanudin, September 2022 , SMP Negeri 9 Kota Ternate.
Puspitasari, R.Y dan Airlanda, G. S. “Meta- Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu 5,no 2 (2021): 1095
Pamungkas, M. D., & Wicaksono, A. B. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri bidang berdasarkan teori newman.
Syarif Samsudin, di wawancarai oleh Linda hasanudin, September 2022, SMP Negeri 9 Kota Ternate.
Sutanti, N. T. T. (2019). Analisis Level Pemahaman Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas Viii Semester Ganjil SMP N 1 Kasiman Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO).
Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020).Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94.
Sholikhah, R. (2022). Konsepsi Siswa pada Materi Himpunan dengan Metode CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 6(1), 1-14.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020).Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.