Karakteristik Butir Soal Pas Matematika SMA Kelas X
Abstract
Penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan setelah selesai semester. Hasil tes seringkali disalahtafsirkan terkait kemampuan peserta didik. Akibatnya peserta didik yang berkemampuan tinggi akan menjadi rendah dan kemampuan rendah menjadi tinggi akibat instrumen yang digunakan tidak dapat memberikan informasi dengan baik. Penilaian akhir semester selalu dilakukan setiap ahkir pembelajaran selama satu semester. Hasil penilaian akhir semester akan dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui apakah butir soal sudah sesuai atau belum.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana karakteristik butir soal yang digunakan dalam pelaksanaan tes penilaian akhir semester. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskkripsi kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA IT Albina Kota Ternate sebanyak 28 peserta. Instrumen pengumpulan data berupa lembar jawaban dan kunci jawaban. Jumlah butir soal yang dianalisis adalah sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Analisis data berupa analisis butir dengan pendekatan rasch model bantuan software winstep.
Hasil analisis butir soal menunjukan bahwa terdapat 9 butir soal yang fit dengan model rasch. Butir dikatakan fit dengan model rasch apabila memenuhi kriteria nilai (MNSQ) 0,5 < MNSQ < 1,5 nilai (Pt Mean Corr) 0,4 < Pt Measure Corr < 0,85, dan Nilai Outfit Z-standard (ZSTD) -2,0 < ZSTD < +2. Tingkat kesulitan butir soal menunjukan bahwa butir dikatakan memenuhi kiteria apabilamemiliki tingkat kesukaran -2 ≤ b ≤ +2. Indeks kesukaran yang memenuhi adalah sebanyak 18 butir soal. Rata-rata kemampuan peserta didik dalam menjawab soal matematika adalah sebesar 6,9. Artinya bahwa kemampuan peserta didik dalam menjawab butir dengan benar masih cukup rendah. Fungsi informasi tes menunjukan bahwa tes dapat dikerjakan dengan baik oleh peserta didik yang memiliki kemampuan sedang.
Downloads
References
Danni, R., Wahyuni, A., &Tauratiya, T. (2021). Item Response Theory Approach: KalibrasiButirSoalPenilaianAkhir Semester Mata PelajaranBahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 93–104. Tahun 2021
Faridah A. (2021). Karakteristik butir soal ujian akhir semester mata pelajaran sejarah. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan Vol. 20, No. 2, pp. 1281-1288, Desember 2021,
Hambleton, R.K., Swaminathan, H., & Rogers, H.J. (1985).Item respons theory. Boston, MA: Kluwer
Ratu H, Riska K. (2018).Karakteristik butir soal try out ujian nasional SMA mata pelajaran matematika se-kota mataram dengan menggunakan program iteman. Jurnal Varian vol.1 no.2 hal 11-21. Maret 2018
Sumintono, B., &Widhiarso, W. (2015).Aplikasipemodelanraschpada assessment pendidikan. Trim Komunikata.