Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika: Studi Di SMP Negeri 13 Kota Ternate
Abstract
Pembelajaran matematika adalah interaksi guru dan peserta didik dalam mengembangkan pola berfikir. Matematika sebagai alat untuk memahami informasi melalui tabel-tabel, persamaan-persamaan yang merupakan penyederhanaan dari soal-soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitia ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 13 Ternate. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mengikuti tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penenlitian ini menunjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita sering ditemui dalam pembelajaran matematika di SMP SMP Negeri 13 Ternate. Jenis kesalahan yang ditemui dalam menyelesaikan soal-soal adalah kesalahan membaca dengan presentase kesalahan siswa dalam Membaca 30%; kesalahan memahami presentasi kesalahan 90%; transformasi presentasi kesalahannya 90%; kesalahan memproses 10%; dan menyimpulkan yaitu Menyimpulkan 100%.