Efektifitas Ekstrak Daun Sirih Hijau Sebagai Insektisida Nabati Bagi Tanaman Tomat

  • Kusdaynti Djufri, Hendra Umaternate, Jena Andres ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Efektifitas Ekstrak Daun Sirih Hijau, Insektisida, dan Tanaman Tomat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas ekstrak daun sirih hijau sebagai insektisida nabati bagi tanaman tomat. Daun sirih hijau merupakan tanaman yang memiliki segudang khasiat atau manfaat. Daun sirih hijau mengandung zat kimia, antiseptic dan memiliki aroma yang menyengat sehingga dapat membunuh organisme kecil seperti bakteri, virus, dan juga serangga. Tanaman tomat merupakan tanaman yang memiliki segudang khasiat dan memiliki rasa yang khas sehingga banyak dikonsumsi  oleh hampir semua orang. Tanaman tomat juga merukapakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan mudah tumbuh didaerah tropis namun tanaman tomat juga merakan tanman yang rentan terhadap hama atau serangga yang merusak tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajad, A (2015). Toksisitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) Terhadap Mortalitas Ulat Grayak (Spodoftera litira f.) Diakses pada tanggal 5 Desember 2022.
Baideng Eva L. (2016). Kelompok tani tomat dalam penerapan pengndalian hama terpadu di desa kakaskasen I dan kakaskasen III untuk memantapkan produksi dan meningkatkan pendapatan petani. Vol 3. No 1, 2016.
Desi Sri Pasca Sari Sembiring (2017). Pengaruh Teknik Tumapang Sari Tomat Dan Kubis Serta Perlakuan Ekstrak Babadotan Terhadap Plutella xylostella, L. Di Lapangan. Vol. 6 No. 1. Oktober 2017.
Lapida Yunianti (2016). Uji Efektifitas Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle) Sebagai Insektisida Alami Terhadap Mortalitas Walang Sangit (Leptocorisa acota). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
St Sabahannur dan Lingga Herawati (2017). Pertumbuhan dan produksi tenaman tomat (Licoprison escelentum Mill) Pada Berbagai Jarak Tanam Dan Pemangkasan. Universitas Muslim
Published
2024-01-26