PERSEPSI GURU Mts. NEGERI 2 HALMAHERA SELATAN TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

  • Fatma Hida Arie , Kartina Rasidin ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Kurikulum, Persepsi Guru, Merdeka Belajar

Abstract

Abstark: Penelitian ini membahas tentang persepsi guru mengenai kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang terfokus pada pemberian pengalaman belajar yang terbaik dan bermakna bagi siswa. Tinjauan pustaka terkait topik ini mengungkapkan beberapa bidang pertimbangan mengenai perspektif guru tentang penerapan Kurikulum Merdeka yang baru. Metode deskriptif kualitatif diimplementasikan dan dilakukan pada guru Sekolah SMA di Kota Sanana. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan telaah dokumen. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

LOILATU, S. H., MUKADAR, S., BADU, T. K., HENTIHU, V. R., & KASMAWATI. (2022, Desember). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning pada SMA Negeri 12 bURU. EDUKASI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 377-386. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/125.
Fatmiati, N. (2022, Desember). Persepsi Guru Kelas Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Pada Materi Matematika. JPT. jurnal pendidikan tematik, 3. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/600
Karyono, S. h. (2023, januari-februari). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05, 2655-1365. http://jonedu.org/index.php/joe
Nurliani, Mayasari, A., Hildayati, H. H. Arusliadi, & Rahmattullah, M. (2023, Pebruari). Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Era Digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin. “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar”, 142-148. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2585/1928
Abidah, A., Hidayatullah, H.N., Simamora, R.M., Fehabutar, D. & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies ih Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49. https://doi.org/10.46627/sipose.vlil.9
Okta Triyudi1, M. G. (2020). Persepsi Guru SMK di Kota Padang Terhadap RPP Satu Halaman. Jurnal Applied Science in Civil … , 117–123. Diambil dari http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/43/25
Trapsilasiwi, D., Jhahro, K. F., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma, 9(1), 116–122 -https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2585/1928
Angga & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 5295-5301.
Sunarni dan Hari Karyono, (2023).Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on EducationVolume 05, No. 02, Januari-Februari 2023, pp. 1613-1620 https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/796/611/
Fathonah siti, (2024) Persepsi Guru Terhadap Konsep Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA N 1 Sebatik Kalimantan Utara A: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal vol 10 no 1 January 2024 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Tesis, tidak dipublikasikan. Bengkulu: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan Sains dan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu.
Hidayatullah, Syarif. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Fenomena Volume 4 no 1 hal 79-87. Kemdikbud, “Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera pada Hari Guru Nasional Tahun 2019”, dikutip dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/20 19/11/pidato-mendikbud-pada-upacarabendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019 diakses Tanggal 10 November 2022
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A.H. & Prihantini. (2022). Analisis
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, Volume 6 Nomor 5 Tahun 2022 Halaman 8248-8258.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Saputra, D.W. & Hadi, M.S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan
Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Holistika, Jurnal Ilmiah PGSD, Volume 6 No. 1 Mei
2022.
Sherly, Dharma, E. & Sihombing, H.B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I (2020)
Published
2024-01-26