ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Silfani Abubakar, Evayanti Rahmat, Winda Wahid3 ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Analisis Pelaksanaan Kurikulum, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang belum sepenuhnya mengacuh pada (permendikbun) Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses. Banyak sekali problematika yang dihadapi oleh guru biologi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Salah satu elemen perubahan yang penting didalam kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Sehubungan dengan masalah tersebut di atas maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana perubahan pelaskanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi apakah pembelajaran biologi mengacu pada standar proses. Peneliti melakukan penelitian mengenai analisis pelaksanaan kurikulum 2013 di tinjau dari standas proses dalam pembelajaran biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) perencanaan pembelajaran biolgio di kelas x berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Kota Ternate (2) mengkaji pelaksanaan biologi di kelas x berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Kota Ternate serta (3) mengetahui proses siswa terhadap proses pembelajaran biologi yang di terapkan oleh guru biologi di SMA Negeri 3 Kota Ternate Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatik deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Ternate pada semester genap tanuh ajaran 2015/2016 penelitian ini menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru biologi kelas x serta pelaksanaan pembelajaran di kelas x-4 MIPA dan x-5 MIPA. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifaksi data. Hasil penelitian menunjukan (1) secara umum RPP yang di susun oleh guru biologi telah memenuhi sebgian besar indikator dalam permendikbut No 65 Tahun 2013 tentang standar proses. SPP yang di susun guru biologi SMA Negeri 3Kota Ternate telah memenuhi ketercapaian dengan kreteria baik. (2) secara umum pelaksaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi .

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan.2013. Peraturan Pemerintah Dan Kebudayan Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Didiet CA.2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Dada Pembelajaran Biologi Se-Kota Magelang (Skripsi). Semarang: Univeritas Negeri Semarang.
Emzir. 2013. Metedologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kulitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Fadlillah, M (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pemnelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. 2008 Kurikulum Yang disempurnakan. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2024-01-26