PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 15 HALMAHERA SELATAN

  • Lusiana Inggrid Lette, Wa Ayu Jufri, Ermin ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Model pembelajaran PBL, Keterampilan memecahkan masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah biologi pada peserta didik kelas x negeri 15 Halmahera selatan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research), guna mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah biologi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan. kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan. Berasarkan hasil penelitian yang telah diungkapkan sebelumnya maka dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran PBL pada siklus I 69,37 dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yakni 85,00. Dengan demikian model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman BP., Sabhayati A, M., Andi F., Yuyun K, Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam ISSN: 2775-4855 Volume 2, Nomor 1.
Anik Handayani, Henny D., K. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Volume 5 Nomor 3 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Ari Hariyanti (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis Vol 4 No 1
Delsi Novelni, Elfia S. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu DiSekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli Vol 4 No 1 e-ISSN: 2656-6702
Desi Pristiwanti., Bai B., Sholeh H., Ratna S, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4Nomor 6 E-ISSN: 2685-936X
Markus Iyus Supiandi, Hendrikus Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4 No. 2, Juni 2016, Hal 60–64
Muhiddin Palennari1, Lasmi1, Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 5 (2), 208-216 (2021)
Musliyono (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV Dengan Menggunakan Media Google Meet. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292
Nensy Rerung., Iriwi L.S.S., Sri W (2017). Penerapan model pembelajaran problem bassed Learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik sma pada materi usaha dan energi P-ISSN: 2303-1832 e-ISSN: 2503-023X
Rahmadani (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Vol. 7 No. 1
Published
2024-01-26