PENGARUH EKSTRAK DAUN SERAI (CYMBOPOGAN CITRATUS)TERHADAP PERKEMBANGAN LARVA AEDES AEGYPTI

  • Mugiyanto, Sumarni Koroy, Najamudin Marsaoly ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Pengaruh ekstrak daun serei, larva nyamuk

Abstract

Abstrak: Indonesia mempunyai banyak tanaman yang bisa dipakai sebagai bahan herbal. Bahan herbal sudah lama dipakai di bidang kesehatan dalam pencegahan, kuratif, dan rehabilitatif. Daun serai salah satu tanaman yang dipercaya bisa dipakai untuk bahan herbal yang mempunyai daun yang rimbun serta lebat. Kandungan dalam daun serai terdiri dari alkaloid, flavonoid, juga beberapa monoterpene memiliki fungsi antimikrobial, antibakterial, molluscidal, antifungal, dan lainnya. Minyak atsiri yang juga terkandung dalam daun serai dapat memberikan aktivitas antimikroba. Hal ini terlihat dari hasil penelitian sebelumnya, bahwa minyak atsiri daun serai mempunyai aktivitas antibakteri terhadap E.coli serta Salmonella typhimurium. Daun serai juga banyak mengandung minyak atsiri yang tersusun dari senyawasenyawa monoterpene seperti sitral dan geraniol. 5 Minyak ini mengandung antibakteri dan anti jamur, sehingga digunakan dalam pengobatan seperti bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium dengan MIC 0,5 µL/mL. Serai (Cymbopogon citratus) mempunyai fungsi sebagai obat untuk sakit gigi dan gusi bengkak. Nyamuk adalah serangga yang sukses memanfaatkan air lingkungan termasuk air alami, air sumber buatan yang sifatnya permanen maupun temporer.Siklus hidup nyamuk dipengaruhi oleh tersedianya air sebagai media perkembangbiak dari telur sampai menjadi nyamuk dewasa. Nyamuk memerlukan tiga macam tempat untuk kelangsungan hidupnya yaitu tempat berkembangbiak, tempat istirahat dan tempat mencari darah. Ketiga tempat tersebut merupakan suatu sistem yang saling terkait untuk menunjang kelangsungan hidup nyamuk (ashafil at.,al).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dian soraya tanjung, Steven wijaya,Monika silech. 2022.Efektifitas antibakteri ekstrak daun serai (cymbopogon ciratus) konsentrasi 20%, 30%, 40%, 50%. Terhadap streptococcus mutans. Vol.5. https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/primaJODS/article/download/2536/1561.
Prananda adiguna, Oedijani santoso. 2017.pengaruh ekstrak daun serai (cymbopogon citratus) pada berbagai konsentrasi terhadap viabilitas bakteri streptococcus mutans. Vol 6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/mediaco/article/viewfile/18384/17464.
Riskhi Ashafil, Nardin, nurwahidah fa’al santri.2019.identifikasi jennis nyamuk aegypti pada bak mandi di toilet kampus V Universitas indonesia timur. Vol 9. https://uit.e-journal.id/medLAb/article/download/580/425
Indira Agustin, Udi tarwotjo, Rolly Rahadian. 2017. Perilaku bertelur dan siklus hidup aedes aegypth paada berbagai media air. Vol 6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.Php/biologi/article/download/19610/18601
Published
2024-01-26