PENGARUH EKSTRAK AKAR SERAI (CINBOPOGONGN CITRATUS) TERHADAPT PERKEMBANGAN KEMATIAN LARVA NYAMUK ADES AEGYPTI

  • Siska F. Mayoru, Mirlin Alisani M. Hidayat ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Ekstrak Akar Sere, Perkembanagn Kematian Larva Nyamuk Aedes Agepty

Abstract

Demam berdarah denggue (DBD) adalah salah satu jenis penyakit yang sangat akut (mendadak) disebapkan oleh virus dengue. Nyamuk ades aegypti merupakan vaktor utama demam berdarah dengue dan cikungannya. Demam berdarah dengue dan cikunganya merupakan salah satu masalah kesehatan lingkungan yang saat ini semakin luas daerah penyebaranya dan penderitanya cenderung meningktat. Demam berdarah dengue (DBD) banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Data dari seluruh dunia menunjukan Asia menempati urutan pertama dalam jumblah penderita DBD setiap tahunnya. Word Health Organization (WHO) mencatat Negara Indonesia sebagai negara khusus DBD tertinggi di Asia Tenggara. Tempat perkembangan air bersih dan tidak bersentuhan langsung dengan tanah Nyamuk Aedes aegypti suka meletakan telurnya pada air bersih sehingga perlu untuk memperhatikan kondisi bak penampung air. Pencegahan dapa dilakukan dengan bahan kimia namun pencegahan dengan bahan kimia dapat mengangu atau dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan seperti pencemaran air, restintesi seranga lain. Salah satu caranya adalah insektisida dari bahan alami yang lebih muda di jangkau oleh masayarakat seperti pestisida alami akar serai yang di buat  untuk membunuh atau mencegah perkembangan larva nyamuk. Serai bukan hanya di gunakan sebagai bahan untuk di jadikan bumbu dapur meliankan dapat di jadikan sebagai pestisida untuk membunuh nyamuk atau dapat menghambat pertumbuhan larva nyamuk. Banyak tumbuhan yang dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pengawet, pangan, obat-obatan, dan pestisida nabati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boesri H, Heriyanto B, Handayani SW, SuwaryonoT (2015) Uji Toksisitas Masyarakat.
Dewi Astuti, H.S (2014). Pengsruh Variasi Dosis Larutan Daun Serai (AndropongonNardus) terhadap Larva Nyamuk Culex Sp. Karya Tulis Akhir. [Other] University of Muhammadiyah Malang.
Hendri GW, Erwin, Pangabbean AS (2013) Pemanfaatan tumbuhan serai wangi ( cymbopogon
Indonesia 12 (4). 216
M. Eko Pranoto. (2020) Uji Toksisitas Ekstrak Serai (chymbopogon sp) Terhadap Mortalitas Larva
Mortalitas Larva Nyamuk Ades Sp Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2), 112-122. nardus) sebagai antioksidaalami. Jurnal Kimia Mulawarman 10(2): 74-79 Nyamuk edes aeygpty, vol, 2, 1 Desember, 2020
Purwokorto. Jawa Tengah. Kesehatan Lingkungan. UNDIP 2013
Rosdiani, A,M. 2015. Efek Ekstrak Daun Papaya (Carica Papaya L) Sebagai Larvasida Tehadap
Soegijanto, S., 2013. Demam Berdarah Dengue. Surabaya: Airlangga University Surabaya.
Widiyanto, Teguh. Kajian Manajemen Lingkungan Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue Di
Published
2024-01-26