Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Media Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Manusia Dan Lingkungankelas V SD Negeri 58 Kota Ternate
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek berbasis media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD negeri unggulan i pulau morotai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (mobil) yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Uggulan 1 Pulau Morotai yang dibuka sebanyak 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbasis media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema manusia dan lingkungan. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 60,43% kemudian meningkat menjadi 8.000 pada siklus II.