Reformasi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Reformasi pendidikan adalah upaya perbaikan pada bidang pendidikan. Reformasi pendidikan memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. Yang termasuk kedalam reformasi terprogram ini adalah inovasi. Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, metode baru atau sarana baru untuk meningkatkan beberapa aspek dalam proses pendidikan. Revolusi Industri 4.0 juga merupakan suatu pelaksanaan proyeksi teknologi modern Jerman 2020 yang diimplementasikan melalui peningkatan teknologi manufaktur, penciptaan kerangka kebijakan srategis, dan lain sebagainya.sangat berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pola belajar dan pola berpikir serta mengembangkan inovasi kreatif dan inovatif dari peserta didik. Selain itu Revolusi industri merupakan sejarah berkembangnya dunia selama tiga abad terakhir yang bersifat berkelanjutan dalam membangun kehidupan dunia yang modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Revormasi pendidikan di Era Revolusi 4.0. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatansurvey.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kajian referensi sumber pustaka. Peneliti membuat fokus penelitian mencari teori dan membuat kesimpulan dari berbagai sumber-sumber kepustakaan diatanya buku, artikel, skripsi dan media lainnya. Setelah pengumpulan data dilakukan analisis pengkajian dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa reformasi pendidikan memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. perkembangan teknologi pada era revolusi industri 4.0 yang semakin pesat harus menjadi perhatian bangsa Indonesia terutama pada kalangan para pendidik.
Downloads
References
Asta desita.(2018,7 maret)”Teknologi informasi penunjang pelayanan tinggi.”https://www.infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/253012/teknologi-informasi-penunjang-pelayanan-pendidikan-tinggi?video=
Debashis.(2018)”Education 4.0.”sudarwan denim, “Journal reformasi pembelajaran pasca pandemic covid-19.” 2 november 2021
Denim,sudarwan.(2021)“Pendidikan dan pembelajaran 4.0 yayasan pembinaan dan pengembangan saintesia,depok.”Sudarwan denim, “Journal reformasi pembelajaran pasca pandemic covid-19.” 2 november 2021
F.C.susila adiyanta.(2019)”Hukum dan studi penelitian empiris:penggunaan metode survey sebagai instrument penelitian hukum empiris”2(4)
Halili, S.H.(2019)“Technological advancements in educations 4.0.”Sabaruddin, “Journal pembangunan pendidikan:fondasi dan aplikasi.” 10(1) 43-49.
Irfansyah tawainella.(2022,10 november)“BPS Maluku utara resmikan pojok statistic diuniversitas khaiun ternate.” https://indotimur.com/pendidikan/bps-maluku-utara-resmikan-pojok-statistik-di-universitas-khairun-ternate
Karman zein, s,pd. M.pd.(2022,14 februari)“Tantangan pendidikan diera digital dalam meningkatkan kualitas generasi.”https://pandu.kominfo.go.id/blog/416
Stearns, P.N.(2018)“The industrial revolution in world history: fourth edition.routledge.” sabaruddin, “Journal pembangunan pendidikan: fondasi dan aplikasi.” 10(1) 43-49.
Shintya gugah asih theffidy.(2020,31 maret)“Pendidikan era revolusi industri 4.0 ditngah covid-19.”https://ombudsman.go.id/pengumuman/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19
Sukardi.(2021, 21 agustus) “Syakir daulay hadir dipensi tidore,bebas pendidikan di era 4.0.”https://www.tandaseru.com/2022/08/21/syakir-daulay-hadir-di-pensi-tidore-bahas-tantangan-pendidikan-di-era-4-0/2/