Pengunaan Model-Model Pembelajaran Dalam Pembelajaran Biologi

  • Najamudin Marsaoly ISDIK Kie Raha Maluku Utara
  • Mirlin Alisani ISDIK Kie Raha Maluku Utara
  • Jean N Kasehung ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Model-model Pembelajaran, Pembelajaran Biologi

Abstract

Model-model pembelajaran merupakan suatu komponen penting dalam pembelajaran, yang di dalamnya berisi tentang prosedur atau langkah-langkah tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model-model pembelajaran dalam pembelajaran biologi.  Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif dengan teknik survei. Teknik pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan cara melakukan analisis pada berbagai literature dan artikel, buku dan jurnal-jurnal terkait tentang model-model pembelajaran dalam pembelajaran biologi dan data di olah secara deskriptif. berdasarkan hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwapemilihan dan penggunaan model-model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa akan menjamin keefektifan pembelajaran tersebut. Model pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi serta menciptakan suasana belajar yang asik tidak membosankan dan pasif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyatunnisa Danial,Andi Dewi Riang Tati Dan Nur Abidah Idrus(2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Upt Sd Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap, Vol 4, No 2.https://journal.lldikti9.id/CER/article/view/895

Abas Asyafah (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam, Vol 6, No 1. https://ejornal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/download/20569/10338

Agus Sulaemani & Ariyana (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VII SMP N 14 KOTA TANGGERANG. Jurnal penelitian pendidikan bahasa indonesia. Vol 1No 2. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/201

Abdul Rahman Tibahary Dan Muliana (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Joural of pedagogy, Vol 1, No 1. Hal 54-64. https://media.neliti.com/media/publications/322093-model-model-pembelajaran-inovatif-0b0c

Erik Santos (2017). Pengunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar.Vol. 3 No. 1. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/407/0

Ermin& M. Najamudi (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis di SMP Negeri Kota Ternate.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 7. No. 8

Fitriani (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Smp Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal Peka, Vol,4 No 2. https://journal.uir.ac.id/index.php/peka/article/view/6833

Iyam Maryati Dan Fitri Suryaningsih (2021). Kemamapuan Representasi Matematis Di Tinjau Dari Kemandirian Belajar Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri, jurnal unsur ac.id/ prisma. Vol 10, No 2. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2407362

Moh. Wahyu Kurniawan Dan Wuri Wuryandani (2017). Pengaruh Model Pembelajran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ppkm.jurnal civics. Vol 14, No 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14558

Panji Setiawan Dan I Dewa Nyoman Sudana (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, jurnal ilmiah pendidikan profesi guru. Vol. 2 No. 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/dowload/14278/11931/29818

Rilla Wahana(2019).Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding seminar nasional bulan bahasa (Semiba). Hal 298-305. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10374

Tritjahjo Danny Soesil, Firosalia, Dan Setyorini (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Di Sma Dan Smk Kota Salatiga. Vol 37,No 2. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/6049

Zuriatun Hasanah (2021). Model Pembelajaran Kooperativ Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa,jurnalstudikemahasiswaan. Vol1,No1.https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/236

Published
2023-07-17