PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR DI SMA ALHAIRAT WAYAUA KECAMATAN BACAN TIMUR SELATAN

  • Jaria Kardi
  • Irawati Hi Malan
Keywords: Hasil Belajar, model pembelajaran Inquiry, Metode Ceramah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMA Alhairat Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan pada konsep kalor  dan Seberapa besar model pembelajaran inkuiri dalam meningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMA Alhairat Kecamatan Bacan Timur Selatan pada konsep kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experiment dengan desain Nonekuivalent  control grup Design  dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Hasil penelitian dalam pengujian hipotesisi menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry berperan atau berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa sebesar 0,71. Hasil didapat dengan menggunakan analisis N-Gain sehingga hasil tersebut menggambarkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori sedang.

References

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori Anni, Catharina. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Andharupa, jurnal Desain komunikasi visual & mulitimedia. Vol.01 No 02 tahun 2015
Haerullah & Hasan, 2017. Model & pendekatan Pembelajaran Inovatif (teori dan praktek). Yogyakarta: Lintas Nalar
Jurnal inovasi pendidikan fisika (JIPF) Jurusan Fisika, Faklutas Metematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya Email: miftah. Rahmalia.ariyanti@gmail.com
Larasati,2005. Kualitas dan Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta Jakarta. Bumi Aksara
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Muhamad Afendi & Evi Chamalah 2013. Model dan Metode pembelajaran di Sekolah. Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono 2013, Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R & D. Bandung Alfabet
Slameto, 2001. Evaluasi Pendidikan, jakarta: bumi aksara
2003, Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: rineka cipta
Tim abadi guru, 2005. Sains Fisika SMP Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga
Trionto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : kencana
Wina Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : kencana
Published
2020-12-21
How to Cite
Kardi, J., & Malan, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR DI SMA ALHAIRAT WAYAUA KECAMATAN BACAN TIMUR SELATAN. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 62-67. Retrieved from http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/119