PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 HALMAHERA TIMUR PADA POKOK BAHASAN TEKANAN PADA ZAT CAIR

  • Haryati Mahyudin
  • Ernawati Muhtar
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CLIS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Halmahera Timur melalui model pembelajaran children learning in science (CLIS) . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran children learning in science (CLIS). Sedangkan teknik analisis data dapat digunakan dengan menghitung persentase kemampuan atau ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan peserta didik pada siklus I mencapai 50% dan siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,67%. Dari hasil penelitian siklus I  ada sebagian besar peserta didik yang hasilnya belum mencapai indikator yang ditetapkan, sedangkan hasil tes pada siklus II menunjukkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan

References

A, Rusdiana & Yeti Heryati. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka Setia.
Ali Ismail (2015.) “Model Pembelajaran (Children Learning In Science) Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep, Multimedia dan Pokok Bahasan Fluida”, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia,
Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Fariz Budiarto (2014). “Kefektifan Penerapan Model CLIS (Children Learning in Science) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V Sekpolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Kota Tegal (Skripsi)”
Mohamad Syarif Sumantri. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.se
Rusmala, S (2015) “Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Dengan Orientasi Melalui Observasi Gejala Fisis Dalam Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.III.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunardi & Siti Zenab. (2013). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Wahab Jufri. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipa.
Published
2020-12-21
How to Cite
Mahyudin, H., & Muhtar, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 HALMAHERA TIMUR PADA POKOK BAHASAN TEKANAN PADA ZAT CAIR. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47-61. Retrieved from http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/118