PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA TERNATE

  • Yusri A Boko
  • Sufri Saleh
Keywords: Quantum Learning, Meningkatkan, Kemampuan, Menulis, Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Mendeskripsikan penggunaan  metode quantum Learning dalam pembelajaran menulis cerpen; 2) Mendeskripsikan penggunaan metode quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Adapun manfaatnya, yaitu 1) manfaat teoritis; dan 2) manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah Penggunaan metode quantum learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Rancangan penelitian ini, dilaksanakan secara bersiklus hingga mencapai hasil sesuai target. Hasil tes yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis cerpen mengalami peningkatan dari tes awal nilai rata-rata 4,5 dengan kategori kurang, siklus I nilai rata-rata 6,6 dengan kategori cukup, dan siklus II nilai rata-rata 8,9 dengan kategori sangat baik. Dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I dan II sudah mengalami peningkatan. Maka, penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perlu dikembangkan guna meningkatkan kreativitas siswa, sehingga siswa mampu mencapai kompetensi yang diharapkan. Peneliti menyarankan (1) guru hendaknya menggunakan metode quantum learning dalam pembelajaran menulis cerpen, karena metode ini mampu membuat siswa menjadi kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran, dan (2) bagi peneliti lainnya agar dapat melakukan penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan metode pembelajaran yang berbeda, salah satunya metode quantum learning, karena dengan Penggunaan  metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
----------- dkk. 2006. Penelitia Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar. 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan Sastra (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Priyatni. 2010. Membaca Sastra dengan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sanjaya. 2000. Pendidikan dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. Nana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Wahid. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
https://Mulyasa.blogspot.com/2012/03/kualitas-pendidikan-indonesia-ranking-htrl, akses 20 Januari 2020
Published
2020-12-04
How to Cite
Boko, Y., & Saleh, S. (2020). PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 39-46. Retrieved from http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/110