DASAR-DASAR TEORI PEMBELAJARAN

  • Rachmatia Tauhid
Keywords: Teori, Pembelajaran

Abstract

TeoriĀ adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antarvariabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Behaviorisme adalah suatu pandangan atau aliran tentang kelakuan manusia. Berdasarkan teori ini belajar ditafsirkan sebagai latihan-latihan pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. MenurutĀ  teori belajar konstruktifistik, suatu prinsip yang paling penting dalam pisikologi pendidikan adalah guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan pada siswa. Teori humanistik lebih mengedepankan sisi humanis manusia dan tidak menuntut jangka waktu pembelajar mencapai pemahaman yang diinginkan. Teori ini lebih menekankan pada isi/materi yang harus dipelajari agar membentuk manusia seutuhnya. Masalah internal dalam pembelajaran juga tidak bisa hanya dilihat dari sejauhmana guru mampu dan tidak dalam berbicara di depan kelas. Namun, yang lebih diutamakan adalah membaca dan memahami alur dari teori belajar itu sendiri. Saya mengambil contoh misalnya, banyak guru lebih suka menggunakan pendekatan aliran teori naturalisme dalam melihat proses pertumbuhan dan perkembangan terhadap peserta didik. Ada dua kemungkinan, yang pertama memang guru bersangkutan tidak benar-benar memahami karena acuh tak acuh alias malas membaca, kedua tidak ada pemahaman dan sudah tentu implikasinya pada persoalan praksis (mengajar)

References

Boko, Yusri. 2016. Pendidikan Tamansiswa dan Benturan Globalisasi. DODOTO. Jurnal Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UMMU. ISSN. 2087-6556. Vol 11. Cetak Ternate.
Darwyan dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
https://id.wikipedia.org/wiki/Teori, akses 3 November 2019
Namsa, Yunus. 2000. Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Pustaka Firdaus, Jakarta.
Sudjana. 2009. Penilitian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Jakarta
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. PT. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. PT Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. PT. Gaung Persada Press, Jakarta
Published
2020-12-04
How to Cite
Tauhid, R. (2020). DASAR-DASAR TEORI PEMBELAJARAN. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 32-38. Retrieved from http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/109