PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SUB TEMA 5 PAHLAWANKU DI SDN 25 KOTA TERNATE

  • Helsa Serang
  • Munir Latukau
  • Wachyudi Eksan
Keywords: Field Trip, Hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran field trip pada Sub Tema 5 Pahlawanku dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan metode pembelajaran field trip pada Sub Tema 5 Pahlawanku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Sub Tema 5 Pahlawanku yang diajarkan dengan mengunakan metode pembelajaran field trip dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran field trip pada Sub Tema 5 Pahlawanku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Kota Ternate yang berjumlah 23 orang. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode tes pada setiap siklus, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pelajaran pada sub tema pahlawanku dengan metode pembelajaran diluar kelas (field trip) untuk meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa dengan sub tema pahlawanku pada siswa Kelas IV SD Negeri 25 Kota Ternate dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil belajar yang merupakan nilai komulatif siswa setelah pembelajaran tindakan siklus I pada pembelajaran IPS di Kelas IV Pada Pada sub tema pahlawanku pada SD Negeri 25 Kota Ternate diperoleh nilai rata-rata 76,82 dengan Ketuntasan sebesar 60,86%,  dan berada  pada  tahap cukup. Terjadi peningkatan pembelajaran tindakan siklus 2 terjadi peningkatan diperoleh nilai rata-rata 82,60. Dari hasil belajar pada tindakan siklus 2 diperoleh data bahwa 18 orang siswa nilainya sudah berada di atas KKM dengan ketuntasan belajar  sebesar 78,26% dan berada pada tingkatan baik

References

Arikunto, Suharsimi. Dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama widya.
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Dahar Wilis, Ratna. (1996), Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta : Depdiknas
Handayani, Nuraeni. (2007). Kemampuan komunikasi siswa SMA pada kegiatan field trip dengan pengelompokan pembagian tugas pada keanekaragaman hewan. Skripsi Pend Biologi: tidak diterbitkan
Hatimah, Ihat. Dkk. (2006). Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud.
Puskur. (2006). Model Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Kelas Awal. Jakarta: Puskur. Balitbang Depdiknas.
Rositawaty. Dkk. (2009). Senang Belajar IPA Kelas 4. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.
Samatowa, (2006), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sukirman, Dadang. Dkk. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI press.
Soraya. (2008). Kegiatan Memotivasi Siswa SMP pada kegiatan pembelajaran diluar kelas (field trip) dengan pengelompokan berdasarkan pembagian tugas. Skripsi pendidikan Geografi. Tidak di terbitkan
Widodo, Ari. Dkk. (2007). Pendidikan IPA di SD. Bahan Ajar Mandiri. Bandung: UPI
Published
2020-12-04
How to Cite
Serang, H., Latukau, M., & Eksan, W. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SUB TEMA 5 PAHLAWANKU DI SDN 25 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 7-16. Retrieved from http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/106