Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Melalui Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Halmahera Timur

  • Susi Ismail STKIP Kie Raha

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Clasroom Action Research yang meliputi perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan kreativitas belajar fisika melalui penerapan pembelajaran investigasi kelompok yang dilaksanakana dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Halmahera Timur kelas VIII2. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menilai kreativitas peserta didik. Hasil deskriptif dikelompokan ke dalam kategori sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju, dengan mengacu pada tabel ditribusi frekuensi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Hasil analisis kualitatif menunjukan terjadinya peningkatan kreativitas peserta didik selama proses pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berlangsung. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa aktivitas belajar, kreativitas belajar fisika peserta didik siklus I belum mengalami peningkatkan dengan nilai presentase 142,7% dan pada siklus II kreativitas peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai presentase 160,9% . berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran investigasi kelompok dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar fisika peserta didik kelas VIII  SMP Negeri 1 Halmahera Timur.

Diterbitkan
2020-11-18
##submission.howToCite##
Ismail, S. (2020). Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Melalui Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Halmahera Timur. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 1(1), 31-39. Diambil dari http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/view/89