PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PASAR PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE

  • Sunarti Djoko

Abstract

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPS materi      pasarsiswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Ternate. Metode yang digunakan       menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik penelitian          tindakan kelas. Subyek penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7             Kota Ternate   yang berjumlah 28 orang yang terdiri 12 siswa laki-  laki dan 16      siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas adalah dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data yang        digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif dengan             mencarinilai rata-rata dan prosentase dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian          menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran gallery of learning.Dari         analisis data tentang hasil belajar siswa melalui evaluasi pembelajaran pada pra            siklus jumlah siswa yang tuntas yaitu 15,35%, dan yang tidak tuntas sebanyak             44,48%, sedangkan pada siklus siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat           menjadi 30,17%, yang tidak tuntas berkurang menjadi 32,26%.

            Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai 80% dari jumlah siswa, dan yang           tidak tuntas hanya 20 % siswa saja. Nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 59,          sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 62, pada siklus II nilai rata-rata juga         meningkat yaitu mencapai 75.Meningkatnya hasil belajar dari siklus I ke siklus II         disebabkan karena pembelajaran menggunakan model pembelajaran gallery of        learning dapat memperjelas, merangsang siswa untuk dapat belajar lebih aktif         melalui kelompok dan menambah pengertian siswa. Selain itu setiap individu siswa            memiliki rasa kebersamaan dalam kelompoknya sehingga tugas yang sulit untuk       dikerjakan akan menjadi lebih mudah. Selain itu hubungan kooperatifantara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru.

           

Published
2021-01-01
How to Cite
Djoko, S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PASAR PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE. JUPEK: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 31-45. https://doi.org/10.5281/zenodo.4431158