PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NUSANTARA TAURO

  • Faisal Y Habsyi STKIP Kie Raha

Abstract

Kualitas sumber daya manusia (SDM) suatu bangsa secara umum dapat dilihat dari mutu pendidikan bangsa tersebut. Rendahnya mutu pendidikan dapat dilihat dari beberapa indikator salah satunya dapat dilihat dari posisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu melalui pendidikan yang berkualitas sehingga kualitas pendidikan selalu ditingkatkan dan diprioritaskan. Prestasi belajar siswa di sekolah yang rendah tidak bisa dibiarkan begitu saja karena berkaitan dengan kualitas SDM yang pada akhirnya akan menentukan arah pembangunan suatu bangsa, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa perlu diperhatikan salah satunya adalah fasilitas belajar. Fasilitas belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang mendukung hasil belajar siswa disekolah. Maka dari itu, keberadaan fasilitas belajar tidak bisa dibiarkan begitu saja dalam masalah belajar.  

           Metode penelitian yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif terhadap siswa di SMA Nusantara Tauro. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara serta nilai ulangan semester. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.

Kesimpulan penelitian adalah: 1). Fasilitas belajar berada pada kategori tinggi dan prestasi belajar pada kategori cukup baik. 2). Tidak ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa fasilitas belajar tidak menentukan prestasi belajar siswa pada SMA Nusantara Tauro.

References

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arianto, Sam. 2008. Pengertian Fasilitas Belajar dan Jenisnya. Diperoleh dari 10
Januari 2015, dari http/sobatbaru.blospot.com/2008/10/pengertian fasilitas
Belajar.html.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Baharuddin, dan Wahyu Esa Nur. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bahri, Djamarah, S. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dr. H. Rahmat, M.Si. (2013) Statistik Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Hadis, A. (2008). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kusnandar. (2008). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali
Pres.
Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Prijodarminto, Soegeng. (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT
Pradnya Paramita
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Saiful. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Surya, Moch. (2002). Proses Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka
Bani Quraisy.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Winkel. (1991). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta:
Grasindo.
Published
2020-12-31
How to Cite
Habsyi, F. (2020). PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NUSANTARA TAURO. JUPEK: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 13-22. https://doi.org/10.5281/zenodo.4431102