KAJIAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN POTENSI EKONOMI WILAYAH (STUDI KASUS PEMBANGUNAN PARIWISATA KOTA TERNATE)

EKONOMI WILAYAH, KAJIAN PARIWISATA

  • Anhar Drakel stkip kie raha

Abstract

Kota Ternate merupakan Kota pesisir, pengembangan sector pariwista merupakan sector yang diunggulkan. Sementara dalam pengelolaan masih belum baik karena belum ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan peraturan dan standar dalam pengembangan pariwisata sehingga belum dapat memajukan perekonomian masyarakat. Adapun tujuan kajian ini sebagai berikut mengkaji pengembangan pembangunan pariwisata Kota Ternate untuk meningkatkan potensi ekonomi wilayah sudah memenuhi unsur kepariwisataan, Mengkaji fasilitas pariwisata dalam pengembangan pariwisata Kota Ternate. Untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Dalam metode analisis yang di gunakaan dalam penelitian ini yaitu Analisis Deskriptif Kualitatif dan Analisis Pengembangan Fasilitas Sarana dan Prasarana, Analisi Daya Tarik Wisata. Berdasarkan pada hasil kajian, pada tabel rekapitulasi hasil penilaian pengunjung pada ketersediaan sarana dikategorikan tingi dengan nilai 80,00%, untuk prasarana dikategorikan sedang dengan nilai 72,22%, dan untuk penunjang lainnya dikategorikan sedang dengan nilai 66,67%. Tentunya perlu adanya peningkatan pada setiap sarana, dan prasarana suntuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pada daya tarik wisata sudah layak dikembangkan pada setiap objek wisata bahari.

Published
2020-12-31
How to Cite
Drakel, A. (2020). KAJIAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN POTENSI EKONOMI WILAYAH (STUDI KASUS PEMBANGUNAN PARIWISATA KOTA TERNATE). JUPEK: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.4431068