Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang diterima meliputi ringkasan hasil penelitian, gagasan konseptual dalam bidang ilmu yang mengandung temuan dan/atau pemikiran yang orisinil serta bebas plagiarisme.
  • Artikel belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diusulkan dalam jurnal lain.
  • Artikel diketik pada kertas A4 program Microsoft Word dengan jenis huruf Arial Narrow, font 11, dengan spasi 1,0. Margin atas, bawah, dan kanan 3 cm, sedangkan kiri 3 cm.
  • Panjang tulisan 10–15 halaman termasuk daftar pustaka. Ditulis dalam bentuk esai disertai judul sub bab (heading). Peringkat judul, sub judul dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda. Judul: huruf kapital rata pada tepi kiri, dicetak tebal. Subjudul: huruf besar-kecil rata tepi kiri dan dicetak tebal.

Author Guidelines

Sistematika Penulisan:

  1. Judul: Arial Narrow kapital, ukuran 11 bold, spasi 1. Judul komprehensif, jelas, dan singkat maksimal 14
  2. Nama penulis tanpa gelar akademik, alamat email yang ditempatkan di bawah judul artikel. Artikel yang ditulis oleh tim, maka penulis utama harus mencantumkan alamat alamat dan email.
  3. Abstrak memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan simpulan dengan panjang sekitar 150–200 kata berjarak satu (1) spasi font Abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia. Untuk artikel yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia, maka abstrak dituliskan dalam satu bahasa (Indonesia). Kata kunci berjumlah 3-5 kata atau gabungan kata.
  4. Pendahuluan: memuat latar belakang masalah (das sollen/harapan) dan das sein (fakta di lapangan), kajian teoretik (disarankan 10 tahun terakhir), serta tujuan dan manfaat.
  5. Metode: memuat pendekatan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  6. Hasil dan pembahasan memuat paparan temuan penelitian dan pembahasannya.
  7. Simpulan berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban atas permasalahan penelitian dan disajikan dalam bentuk paragraf.
  8. Daftar Pustaka: hanya memuat sumber yang dirujuk dalam artikel tersebut.

Teknik Penulisan:

  1. Penggunaan kutipan rujukan dilakukan dengan pencantuman nama penulis, halaman, dan tahun penerbitan. Misalnya: (Gallahue, 125:2006) atau (Giriwijoyo, 42:2007).
  2. Penggunaan singkatan dituliskan secara lengkap pada saat penyebutan pertama kali berikutnya dengan singkatan. Istilah asing ditulis huruf miring (Italic).
  3. Tabel, diagram, grafik, dan bagan ditulis dengan font 11 berjarak satu spasi di tabel. Penomoran tabel menggunakan angka Arab dengan judul tabel ditempatkan di atas tabel. Jumlah tabel, grafik, bagan, dan sejenisnya tidak melebihi 25% dari keseluruhan jumlah halaman.

Penulisan Daftar Pustaka:

Sumber Buku

Lebih dari tiga pengarang:

Kelly, M.P., et al. 2006. Sports Nutrition Manual (2nd, ed.). New York: National Federation of  Professional Trainers.

Tiga pengarang:

Lutan, R., Siregar, M.F., & Djide, T. 2004. Akar Sejarah dan Dimensi Keolahragaan Nasional. Jakarta: Ditjora Depdiknas.

Dua pengarang:

Martinek, T., & Hellison, D. 2009. Youth Leadership in Sport and Physical Education. New York: Palgrave Macmillan.

Satu pengarang:

Clark, N. 2008. Sports Nutrition Guidebook (4th ed.). Champaign IL: Human Kinetics.

Pengarang yang sama:

Andersen, M.B. 2000. Doing Sport Psychology. Champaign IL: Human Kinetics.

____________. 2005. Sport Psychology in Practice. Champaign IL: Human Kinetics.

Buku oleh institusi/organisasi profesi:

Kemenegpora R.I. 2005. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Kemenegpora R.I., Biro Humas dan Hukum.

Buku terjemahan:

Klinchin, A.I. 1998. Methodology of Training, diterjemahkan oleh Silverman, R.A., dan Friedman, M. D. New York: Dover.

Buku kumpulan artikel:

Driskel, J.A., & Wolinsky, I. (Eds.). 2008. Sports Nutrition: Energy Metabolism and Exercise. New York: CRC Press Taylor & Francis Group.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

McMurray, R.G., & Ondrak, K.S. 2008. Laboratory Methods for Determining Energy Expenditure of Athletes. Dalam Driskel, J.A., danWolinsky, I. (Eds.). Sports Nutrition: Energy Metabolism and Exercise (hal. 127-157). New York: CRC Press Taylor & Francis Group.

Sumber Jurnal Ilmiah

Gay, Masayu. 2015. Kajian Nilai-Nilai Dasar Kehidupan pada Sastra Lisan Ternate. Jurnal Gramatika. Vol. IV (2): 39–47.

Sumber Laporan Hasil Penelitian, Skripsi, Tesis atau Disertasi

Ambardini, R.L. 2012. Peningkatan Perilaku Pola Makan Sehat Bagi Atlet Angkat Besi di Padepokan Gajah Lampung. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Jakarta: Asdep Penerapan Iptek Olahraga Kemenpora RI.

Sumber Internet

Rujukan dari internet berupa karya individual:

Giriwijoyo, S. 2005. Manfaatdan Mudarat Olahraga, (Online), (http://geraksehat.wordpress.com/2007/08/25/manfaaf-dan mudarat-olahraga/htm), diakses 15 November 2007.

Rujukan dari internet berupa artikel dari jurnal online:

Aizawa, K., Nakahori, C., Akimoto, T., Kimura, F., Hayashi, K., Kono, I., &Mesaki, N. 2006. Changes of Pituitary, Adrenal and Gonadal Hormones During Competition Among Female Soccer Players. J Sports Med Phys Fitness. (Online), Vol. 46: p322-p327, (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16823365), diakses 4 Juni 2008.

Surat Kabar, Tabloid, dan Majalah

Artikel dengan judul dan nama penulis:

Pardede, J.P. 9 September, 2012. Revitalisasi Sistem Pembinaan Olahraga. Kompas, hal. 7 & 11.

Artikel dengan Judul tanpa Penulis:

Kompas. 30 Juli, 2012. China atau AS Juara Olimpiade 2012?, hal. 17.

Kertas Kerja Diskusi, Panel, Seminar dan Lokakarya

Sugiharto. 2003. Paradigma Fisiologi Olaharaga Latihan Senam Aerobik. Makalah Disajikan dalam Sertifikasi Instruktur Senam Aerobik Tingkat Dasar, Pemerintah Kota Malang Bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang dan Prisma, Malang, 14-16 Desember.

Review dan Keputusan:

  1. Naskah artikel akan diseleksi oleh tim redaksi, dan redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengubah substansinya. Isi naskah sepenuhnya menjadi hak dan tanggung jawab penulis.
  2. Penulis bersedia melakukan revisi sesuai hasil review oleh mitra bestari. Dan dapat mengembalikan hasil review sesuai ketentuan waktu dari tim redaksi.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.