Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan

  • Zasmi Darto STKIP Kie Raha
  • Yani Awal STKIP Kie Raha

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dan Subjek pelaku dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa yang pre tes dan post tes tentang hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar dengan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar model kontekstual sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Hasil belajar siswa pada pre tes hanya diperoleh 2 siswa atau 6,67 yang mendapat kualifikasi kurang dan 18 siswa atau 93,33 mendapat kualifikasi gagal serta tidak ada satupun siswa atau 0,0% mendapat kualifikasi memuaskan, baik atau cukup. Sedangkan pada post tes diperoleh 9 siswa atau 36,67% memperoleh kualifikasi memuaskan, 1 siswa atau 23,33% memperoleh kualifikasi baik, 7 siswa atau 30% yang memperoleh kualifikasi cukup, 3 siswa atau 10% memperoleh kualifikasi kurang dan tidak ada satupun yang mendapat kualifikasi gagal.

References

Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Chairul, 2008.Http://wx.scribd.com/doc/25012712/seminar. Diakses tgl 7 September 2019
Suhada, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung Refika Aditama. (Amelia Rosmala)
Maulana. 2008. Dasar-dasar kedalam matematika. Bandung: Royyan Press.___.2011.
Suwangsih,E dan Tiurlina. 2010. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Upi Press.
Subarinah, S. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Hasnawati. 2006. “ Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Slameto, 2010;2, Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Bima Aksara. Jakarta
Rusman, dkk 2012:5.Model-Model Pembelajaran. Rajakrafindo Persada. Jakarta
Sudjana, 2012:22, Strategi Belajar Mengajar, Kurnia. Jakarta
Hasibuan, M.I. 2014.“ Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)”.
Maulana. 2008. Dasar-Dasar Keilmuan Matematika. Bandung: Royyan Press.
Published
2020-11-29