Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Atematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Segitiga Dan Segiempat

  • Nusli Gogasa STKIP Kie Raha
  • Jufri Ade STKIP Kie Raha

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat,Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar matematika Dengan Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes yang sesuai dengan instrumen penelitian yaitu terdiri dari tes awal, tes akhir dan lembar observasi analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung Tingkat Penguasaan (TP) kemudian dikonversikan kedalam Pedoman Acuhan Patokan (PAP) Skala 5, menghitung nilai rata-rata siswa dengan rumus rata-rata, menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan uji Indeks Gain kemudian dikonversikan kedalam Interprestasi Nilai Gain (g) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,95 dan presentasinya 7495%.

References

As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid II untuk SMP Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dewi, T. U. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 3 Sukajawa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Model Student Team Achievment Division (STAD).
Fitri. 2017. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran PBL pada Siswa Kelas IV SD Bhakti Ibu Lampung Selatan TP.2016/2017.Lampung: Univeristas Lampung.
Karnita, N. & Fitriyani, E. 2015. Big Book Matematika SMP Kelas 1, 2, 3. Jakarta: Cmedia.
Kristiana, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2),1-10.
Kastaniah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan HasilBelajar pada Materi Segitiga dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Baseed Learning PBL di Kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.
Nuh, M. Isnawia (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individu (TAI) Pada Materi Lingkaran.
Tentor P. 2015. Buku Sakti!!! Matematika SMP. Yogyakarta: Laksana.
Ponijan, N. D. (2013). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IB SDN 2 Metro Utara Tahun Pelajaran2012/2013.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Press.
Syafrudin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Media dan Metode Pemberian Tugas di Kelas Ivb Sdn 007 Bagan Besar Dumai. Primary, 4(2),194-202.
Utami, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Poblem Baseed Learning PBL pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 424-431.
Published
2020-11-29