Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

  • Stenli Ondokoi STKIP Kie Raha
  • Isnain Wali STKIP Kie Raha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Ternate dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (Think Pair Share). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran pada siklus 1 terdiri atas 3 soal dengan jumlah skor 100, pada siklus 2 terdiri dari 3 soal dengan jumlah skor 100. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan data yang telah di kumpulkan akan di analisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat presentase ketuntasan belajar secara klasikal, setelah data di kumpulkan dengan menganalisis sehingga diperoleh hasil belajar pada tes awal siklus I sebesar 5,55% , 33,33% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

References

Dimyati & Mudjono. 2006. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta Mardiyanto. Joslan 2011. Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
Erman Suherman dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika Fendi. 2012. Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dengan siswa yang diajar dengan metode NHT (Numbered Heads Together)
Ibrahim, M, dkk (2009). Pembelajaran kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim Muslimi, dkk 2008. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : UNESA University Prees
Jurnal Pendidikan Dasar, Vol V, No 7 April 2007. Baridwan, Zaki.2010. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta Kontempoter. (Edisi Refisi). Bandung : JICA –Universitas Pendidikan Indonesia (UP)
Komalasari. Kokom (2013). Pembelajaran kontekstual. Konsep dan Aplikas. Bandung: PT Refika Aditama
Mardianto. Joslan, 2011. Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share
Mulyanto, R 2007. Pendekatan kooperatif Learning Tejnik Jigsaw Untuk meningkatkan penguasaan SPLDV Di SMP Paseh I Kabupaten Sumedang.
Ruseffendi. 2010. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud
Sutrisno, 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika . Widyatama.
Published
2020-11-29