Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan

  • Marjan Aswad STKIP Kie Raha
  • Isman M Nur STKIP Kie Raha

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan dan faktor apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma serta untuk mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara, tes uraian yang terdiri dari 4 soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 13 siswa. Berdasarkan analisis terhadap jawaban tes tertulis dan analisisterhadap hasil wawancara dengan siswa mengenai kesulitan mereka dalammenyelesaikan soal-soal bentuk logaritma yang telah dijelaskan sebelumnya, makadapat diuraikan sebagai berikut: 1. Kesulitan pada subjek yang pertama (S1)Subjek 1 cenderung kurang memahami kurang telitidalam mengubah bilagan senilaisehinga terdapat kesalahan prosedur dan juga kurang paham operasi pembagian itu sendiri. Padahal untuk langkah mengerjakan matematika hal yang paling utamaadalah memahami konsep operasi, 2. Kesulitan pada subjek yang kedua (S2)Subjek 2 masih banyak kebingungan pada penerapan sifat-sifat logaritma yang adakarena alasan banyaknya sifat-sifat logaritma tersebut, 3.Kesulitan pada subjek yang ketiga (S3) Subjek 3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep, dan operasi. Padahal kesalahan konsep, operasi merupakan kesalahan mendasar yang sangatfatal dikarenakan kesalahan ini dapat menimbulkan kesalahan lainnya.

References

Batauga Ibnu (2019). Belajar Matematika Dari Dasar https//matematikakubisa. blogspot.com.

Hamim Isman (2015). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Pada Materi Pecaha. Skripsi.

Hidayat Fajar (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Pelajaran Aljabar. Skripsi

Kumalasari Ade (2015). Analisis Faktor Penyebab Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Lingkaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi

Mufarrihah Iftitaahul, dkk (2015). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Bentuk Aljabar. Skripsi

Suriasumantri Jujun S (2010). Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan, Anggota Kapi Jakarta

Tyas Ni;mah Mulyaning (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi

Uno Hamza B, cet 8, 2010. Model Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara

Waskitoningtyas Rahayu Sri (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Balik Papan Pada Materi Satuan Waktu. Skripsi
Published
2020-11-29