Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Swasta Gane Raya

  • Ferliska Coko STKIP Kie Raha
  • Rusdyi Habsyi STKIP Kie Raha

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Swasta Gane Raya. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 19 orang. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, dan lembar observasi, untuk guru dan siswa. Setiap data yang dianalisis merupakan ssandingan antra data observasi aktivitas guru, maupun aktivitas siswa dengan hasil belajar disetiap siklus.

Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh dengan teknik non tes, Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat persentase ketuntasan belajar, sikulus I siswa yang tuntas hanya 5 siswa dari19 siswa dengan presentase 26,32%  rata-rata nilai 62,74, sedangkan pada siklus II, sebanyak 17 siswa yang tuntas dari 19 siswa dengan presentase 89,47% rata-rata nilai 78,79. Dari data tersebut didukung juga dengan aktivitas guru dalam menerapkan Pembelajaran Problem Solving dan aktivitas siswa.

References

Bely, A., & Arsriani (2013) Dipetik April 3, 2017, dari PenerapanPembelajaranProblem Solving untukMeningkatkan Aktivitas dan Hasil BelajarMatematika pada Materi SPLDV. http://118.97.35.230/lemlit/jtt/219.pdf

Depdiknas, 2005.Kamus BesarBahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Starategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran MatematikaBandung: Refika Aditama.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kemdikbud. 2012. Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika Modul Guru Pasca Uji Kompetensi Awal. Jakarta:

Muhibbin Syah. 2008Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT Remaja Rosda Karya.Mardianto, Psikologi Pendidikan, ( Medan: Perdana Publishing, 2012), h. 39-40

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisSiswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan ModelPembelajaran Generatif (Generative Learning) Di Smp. . EDU-MAT JurnalPendidikan Matematika, Vol 3, No.2. , 166–175.

Published
2020-11-29